Info Asuransi Terbaik, Info Asuransi Kesehatan, Info Asuransi Pendidikan, Info Asuransi Jiwa, Info Asuransi Kecelakaan, Info Asuransi Perjalanan, Info Asuransi Mobil / Kendaraan, Tips Berasuransi, Panduan Asuransi

Perlukah Kita Memiliki Asuransi Mobil dan Istilah Penting Dalam Asuransi Kendaraan Atau Mobil

Apakah saya perlu membeli asuransi kendaraan?

Asuransi kendaraan sangat direkomendasikan bagi setiap pemilik kendaraan untuk memberi ketenangan dalam berkendaraan karena resiko kecelakaan tidak pernah terduga datangnya. Terutama jika kendaraan Anda masih dalam proses kredit karena apabila terjadi musibah Anda tetap harus melunasi sampai masa pembayaran selesai dan asuransi memberikan perlindungan keuangan untuk Anda.

Asuransi Mobil Indonesia Terbaik - Perlukah Kita Memiliki Asuransi Mobil dan Istilah Penting Dalam Asuransi Kendaraan Atau Mobil Apakah ada keuntungan lainnya yang saya dapatkan dari asuransi kendaraan?

Anda akan merasa aman dan tenang dengan adanya jaminan atas setiap musibah yang tidak terduga datangnya terhadap diri Anda dan kendaraan Anda, selama risiko tersebut dijamin dalam polis

Ada berapa jenis jaminan asuransi kendaraan?

Jaminan asuransi kendaraan terdiri dari: Comprehensive menjamin kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat orang lain, kendaraan hilang, banjir, kerusuhan, huru-hara, kehilangan perlengkapan tambahan, dll. Total Loss Only (TLO) menjamin kerugian akibat terbakar total, hilang, kecelakaan dengan minimum kerusakan 75% dari harga kendaraan.

Berapa batasan usia kendaraan yang masih bisa diasuransikan?

Setiap perusahaan asuransi mempunyai aturan sendiri-sendiri.

Apa perbedaan antara penggunaan pribadi/ dinas dengan komersil dalam asuransi kendaraan bermotor?

Untuk penggunaan pribadi/ dinas, tertanggung tidak menerima balas jasa karena kendaraan tersebut digunakan untuk aktivitas tertanggung sendiri, sementara untuk penggunaan komersil pemilik kendaraan menerima balas jasa dari penggunaan kendaraan (misalnya uang sewa).

Apa yang dimaksud dengan perluasan jaminan kecelakaan diri (Personal Accident)?

Jaminan terhadap resiko kecelakaan diri meliputi kematian dan cacat tetap terhadap pengemudi dan/atau penumpang yang dialami pada saat menggunakan kendaraan yang dipertanggungkan.

Apakah endorsemen itu?

Perubahan data pada Polis asuransi, misalnya perubahan data kendaraan, perubahan nama tertanggung, dan lain-lain, yang dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan perubahan atau endorsemen polis. Tujuan dari endorsemen adalah menyamakan data antara data tertanggung dan data penanggung untuk memudahkan pada saat pengurusan klaim.

Apakah yang dimaksud dengan klaim Partial Loss?

Yaitu klaim yang nilai perbaikannya belum mencapai 100% dari harga sebenarnya kendaraan tersebut sesaat sebelum terjadinya kerugian.

Apakah yang dimaksud dengan klaim Total Loss?

Klaim yang terdiri dari dua macam, yaitu klaim CTL (Construction Total Loss) dan klaim kehilangan (Stolen). Klaim CTL (Construction Total Loss) adalah klaim yang disebabkan oleh kecelakaan yang biaya perbaikannya sama dengan atau lebih besar dari harga sebenarnya kendaraan tersebut sesaat sebelum terjadinya kerugian. Klaim Kehilangan (Stolen) adalah klaim yang timbul akibat perbuatan jahat orang lain atau akibat pencurian termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman dengan kekerasan kepada orang dan/ atau kendaraan bermotor yang dipertanggungkan dengan tujuan untuk mempermudah pencurian kendaraan bermotor atau alat perlengkapan kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.

Apakah yang dimaksud dengan klaim Tanggung Jawab Hukum pihak ketiga?

Klaim yang timbul akibat adanya tuntutan dari pihak ketiga tertanggung yang disebabkan secara langsung oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan. Tuntutan dapat berupa : Kerugian Material (Material Damage) atau Cidera Badan (Bodily Injury). ​

Apakah yang dimaksud dengan Harga Sebenarnya kendaraan?

Adalah nilai hasil penjualan yang dapat diperoleh atas kendaraan bermotor dengan merk, tipe, model dan tahun yang sama sebagaimana tercantum dalam polis di pasar bebas sesaat sebelum terjadinya kerugian dan atau kerusakan.

Bagaimana saya menetapkan jumlah pertanggungan yang sesuai dengan keadaan mobil saya?

Jumlah pertanggungan yang sesuai dengan harga pasar dari suatu kendaraan dapat dilihat dari tabel harga mobil yang secara periodik selalu diperbaharui. Harga pasar kendaraan dapat ditanyakan kepada bagian Agency atau dapat dilihat di majalah otomotif terbaru, seperti Auto Bild.

Apakah pengajuan klaim dapat diwakilkan kepada orang lain?

Bisa, selama melampirkan KTP asli pemegang polis atau surat kuasa dan fotokopi KTP pemegang polis, serta mengetahui kejadian secara detail dengan melampirkan surat-surat tersebut.

Apakah supir juga terjamin bila mengalami kecelakaan ketika sedang mengendarai mobil saya?

Bila Anda telah memperluas jaminan kecelakaan diri, maka secara otomatis yang akan terlindungi adalah pengemudi dan penumpang pada saat kejadian. Sehingga apabila supir sedang mengendarai mobil Anda, ia juga akan terlindungi. 

Apa yang dimaksud dengan Klausula Cacat Semula? Bagaimana hal ini mempengaruhi ketika saya akan mengajukan klaim?

Klausula cacat semula adalah suatu ketentuan tambahan pada polis kendaraan bermotor yang menjelaskan kondisi kerusakan pada kendaraan Anda, yang terjadi sebelum kendaraan tersebut dipertanggungkan.

Semoga bermanfaat..


Disclaimer : Tulisan ini hanyalah informasi awal secara umum. Tidak dibenarkan mempercayai secara keseluruhan isi informasi ini. Tanyakan kembali secara menyeluruh kepada agen asuransi Anda. 

Perlukah Kita Memiliki Asuransi Mobil dan Istilah Penting Dalam Asuransi Kendaraan Atau Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown