Info Asuransi Terbaik, Info Asuransi Kesehatan, Info Asuransi Pendidikan, Info Asuransi Jiwa, Info Asuransi Kecelakaan, Info Asuransi Perjalanan, Info Asuransi Mobil / Kendaraan, Tips Berasuransi, Panduan Asuransi

Ini Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil atau Kendaraan

Ini Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil atau Kendaraan - Kita tidak akan pernah tahu dan bisa memprediksi, apakah Kita akan sehat terus selamanya, apakah Kita tidak akan terkena musibah selamanya atau akan-akan lainnya yang bisa merugikan Kita baik secara fisik, mental maupun finansial.
Ini Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil atau Kendaraan

Begitu juga dengan mobil kita yang selama ini menunjang sarana transportasi dalam mencari rejeki, ada untungnya jika kita asuransikan juga. Segala resiko atas mobil dan penumpang bisa kita alihkan ke perusahaan asuransi yang kita percaya.

Tentu saja kita menginginkan asuransi yang baik dan bagus, dengan layanan terbaik, kemudahan klaim, layanan lengkap, premi asuransi murah, klaim asuransi cepat, dan bengkel rekanan yang luas serta kesehatan perusahaannya.

Sebenarnya penghitungan besar premi mobil atau kendaraan didasarkan pada hal berikut :
  1. Jenis jaminan yang dipilih, biasanya asuransi mobil dibedakan menjadi komprehensif atau kerugian total.
  2. Jenis dan harga kendaraan.
  3. Besar pertanggungan yang ingin didapatkan.
  4. Jenis penggunaan kendaraan, karena mobil bisa saja digunakan secara pribadi, secara kedinasan atau dipergunakan untuk komersial.


Untungnya, oleh OJK mulai tanggal 1 Maret 2014 tarif premi seluruh asuransi mobil atau kendaraan tidak boleh melebihi batas tarif bawah dan tarif atas yang ditentukan. Artinya, semua perusahaan asuransi kendaraan bermotor tidak lagi bisa melakukan perang harga premi dengan tujuan melindungi masyarakat dari besaran premi yang terlalu mahal atau over-pricing atau tingkat pelayanan yang rendah dan tidak memuaskan karena besar premi terlalu rendah karena perang harga.

Anda tertarik untuk mengasuransikan mobilnya ?

Secara umum inilah persyaratannya :

  • Berusia minimal 17 tahun
  • Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK
  • Status kepemilikan kendaraan yang akan diasuransikan harus secara sah diakui oleh hukum
  • Kendaraan tidak terlibat atau digunakan untuk tindakan yang melawan hukum
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi STNK
  • Foto kendaraan (opsional)


Cara untuk Klaim Asuransi Mobil atau Kendaraan

Selanjutnya, hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa klaim asuransi kendaraan juga membutuhkan beberapa dokumen untuk pengurusannya. Bahkan, dokumen-dokumen yang diperlukan itu juga lebih banyak dibanding pada saat mendaftar. Beda perusahaan asuransi, maka bisa beda pula dokumen klaim asuransi kendaraan yang dibutuhkan. Untuk itu, Anda perlu ketahui dengan jelas mengenai dokumen klaim ini.

Beberapa dokumen pada saat klaim kerusakan ringan : mengisi LKKB( Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor), fotokopi polis, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, dan fotokopi KTP tertanggung. Untuk kehilangan komponen kendaraan akibat pencurian, maka dokumen harus dilengkapi dengan surat keterangan kepolisian.

Pada saat klaim kerusakan berat, dokumen yang dibutuhkan adalah : mengisi LKKB ( Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor), polis asli dan bukti asli pembayaan premi, STNK asli kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, BPKB asli, faktur kendaraan, surat keterangan kepolisian, serta kunci kontak kendaraan.

Selanjutnya, untuk proses klaim asuransi kehilangan atau kerusakan total, dokumen yang dibutuhkan adalah : mengisi LKKB( Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor), polis asli dan bukti asli pembayaan premi, STNK asli kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, fotokopi KTP tertanggung, BPKB asli, faktur kendaraan, surat keterangan kepolisian, kunci kontak kendaraan, dan surat subrogasi, surat blokir (untuk kehilangan kendaraan), serta surat pernyataan tidak memiliki asuransi lain.

Untuk mempermudah proses klaim, semua dokumen yang disebutkan wajib dilampirkan. Karena itu, sebelum memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan, Anda wajib melakukan perbandingan dan mengetahui proses klaim yang nantinya dilakukan.

Beberapa penyedia asuransi mobil dan kendaraan adalah Asuransi AXA, Asuransi Allianz, dan Asuransi Simas. Semoga bermanfaat.

(Dari berbagai sumber)

Ini Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil atau Kendaraan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown